Katakana Lengkap

Katakana Lengkap

1. Aku bahasa Jepang =tulisan Katakana =2. Kamubahasa Jepang =tulisan Katakana =3. Makanbahasa Jepang =tulisan Katakana =4. MinumBahasa Jepang =tulisan Katakana =5. Melihatbahasa Jepang = tulisan Katakana = 6. Mandibahasa Jepang = tulisan Katakana =7. Menulis bahasa Jepang = tulisan Katakana =tolong dijawab kak ^_^kak Asuka ayo ッ​

Daftar Isi

1. 1. Aku bahasa Jepang =tulisan Katakana =2. Kamubahasa Jepang =tulisan Katakana =3. Makanbahasa Jepang =tulisan Katakana =4. MinumBahasa Jepang =tulisan Katakana =5. Melihatbahasa Jepang = tulisan Katakana = 6. Mandibahasa Jepang = tulisan Katakana =7. Menulis bahasa Jepang = tulisan Katakana =tolong dijawab kak ^_^kak Asuka ayo ッ​


Jawaban:

1. Aku

bahasa Jepang = 私

tulisan Katakana = Watashi

2. Kamu

bahasa Jepang = 君は

tulisan Katakana = Kimi wa

3. Makan

bahasa Jepang = 食べる

tulisan Katakana = Taberu

4. Minum

Bahasa Jepang = ドリンク

tulisan Katakana = Dorinku

5. Melihat

bahasa Jepang = 見て

tulisan Katakana = Mite

6. Mandi

bahasa Jepang = 浴

tulisan Katakana = Yoku

7. Menulis

bahasa Jepang = 書く

tulisan Katakana = Kaku

Semoga Membantu Yaw!><

Maaf Kalo Salah Kalo Boleh Jadikan Jawaban Tercerdas/Terbaik!><

Jawaban:

aku  私 = watashi, kata ganti orang perrtama paling umum

         watakushi,  sama aja kayak watashi tapi lebih sopan, cenderung dipakai untuk cowo.

         boku, biasanya digunakan untuk cowo

         atashi, terkesan lembut, biasanya hanya digunakan untuk anak perempuan.

         ore, kata ganti orang pertama tapi kasar.

kamu あなた = anata, artinya kamu, kata initu terkesan sopan, jadi kayak lebih ke anda.

             kimi, dipake buat manggil ke yang seumuran, kayak ke teman.

              omae, untuk orang yang udah akrab.

makan たべます = tabemasu

minum のみます= nomimasu

melihat 見て= mimasu, mite.      

mandi 浴 = yoku

menulis 書く= kaku.

semoga membatu mina-san.    


2. Bedanya Katakana Sama Hiragana apa? Menurut kalian Yang lebih muda Kanji nya Katakana atau Hiragana?


Jawaban:

maaf, kanji, hiragana, katakan itu beda beda.

kanji sendiri hiragana sendiri, katakana sendiri.

kalo yang lebih mudah itu sih hiragana, karena hiragana itu bentuk awal dari semua huruf jepang.

Penjelasan:

semoga membantu ^^

Hiragana: Merupakan Huruf Asli

Katakana: Merupakan Huruf yang Digunakan untuk Menulis kan Bahasa Asing

Kanji: Merupakan Aksara Tionghoa yang Digunakan dalam Bahasa Jepang , Terbagi Menjadi 2 Macam

Ku Rasa untuk cara Menulis Hiraganalah yang lebih mudah untuk Ditulis

Pembahasan

Sistem penulisan pada bahasa Jepang terdiri dari 3 macam yaitu

HiraganaKatakanaKanji

Kanji N5 Jumlahnya 107 kanji ( Kanji terbagi 2 Kunyomi dan Onyomi )

Beberapa diantaranya :

Kanji. Kunyomi. Onyomi

大 • おお Oo. • ダイ Dai、タイ Tai

:Contoh kata : 大学生 Daigakusei : Universitas

ニ • ふたFuta • ニNi

:Contoh kata: 二年Ni Nen: 2Tahun

人 • ひとHito、びとBito •. ジンJin、ニン Nin

:Contoh kata: 日本人 Nihon jin : Orang jepang

|||||||||||||||||||

Hiragana

Merupakan huruf Jepang asli

Hiragana

"Hiragana merupakan salah satu dari sistem penulisan dari bahasa Jepang yang digunakan dari dahulu sampai sekarang, sebenarnya pada dahulu Hiragana hanyalah digunakan oleh wanita saja Disebut sebagai "Onna'de" kenapa? Karena dahulu nya Hiragana ditolak oleh para pria."

Mengapa pada bahasa Jepang memiliki 3 sistem Penulisan?

Hal ini memudahkan pembaca memahami kalimat/ kata-kata dalam bahasa Jepang, memang bisa saja menggunakan sistem Hiragana tapi ini akan menyusahkan pembaca contoh nya : Kalimat Indonesia yang tidak memiliki spasi "hiraganamerupakansistempenulisandaribahasajepang" cukup sulit untuk membacanya

。。。。。。。。。。。。。。。。。。

Katakana

_____________________________

Katakana merupakan huruf-huruf yang digunakan untuk menuliskan bahasa asing ( bahasa dari luar Jepang ) yang akan masuk kedalam bahasa Jepang , Misal:

Menuliskan Kata-kata yang berasal dari Bahasa asing yang Akan Masuk Kedalam Bahasa Jepang

ア イ ウ エ オ | a - i - u - e - o |

カ キ ク ケ コ | ka - ki - ku - ke - ko |

サ シ ス セ ソ | Sa - shi - su - se - so |

タ チ ツ テ ト | Ta - chi - tsu -te - to |

ナ ニ ヌ ネ ノ | na - ni - nu - nu - no |

ハ ヒ フ ヘ ホ | ha - hi - fu - he - ho |

マ ミ ム メ モ | ma - mi - mu - me - mo |

ヤ ユ ヨ | Ya - yu - yo |

ラ リ ル レ ロ | Ra - ri - ru - re - ro |

ワ ヲ | wa - Wo |

ン | N |

Hiragana

..................

46 Huruf dasar

..................

あ い う え お | a - i - u - e - o |

か き く け こ | ka - ki - ku - ke - ko

さ し す せ そ | sa - Shi - su - se - so |

た ち つ て と | Ta - chi - tsu -te - to |

な に ぬ ね の | na - ni - nu- ne - no |

は ひ ふ へ ほ | ha - hi - fu - he - ho |

ま み む め も | ma - mi - mu - me - mo |

や ゆ よ | ya - yu - yo |

ら り る れ ろ | Ra - ri - ru - re - ro |

わ を | Wa - Wo |

ん | N |

|||||||||||||||

Contoh Kata

【 Hiragana 】

みず ( Mizu ) : Airかばん ( Kaban ) : Tasつくえ ( Tsukue ) : Mejaえんぴつ ( Enpitsu ) Pensilはこ 「箱 」(Hako ) Kotak Box

【 Katakana 】

シャキラ 「しゃきら」Syakira : Shakiraタオル ( Taoru ) Handukシャンプー ( Shanpuu ) Shampoペット ( Petto ) Binatang Peliharaanスカート ( Sukaato ) Rok

【 Kanji 】

物 ( Mono ) Barang私 ( Watashi ) Saya俺 ( Ore ) Gue猫 ( Neko ) Kucing山 ( Yama ) Gunung

_____________________________

Pelajari Lebih Lanjut

Soal Serupa ( Sistem Penulisan )

brainly.co.id/tugas/39074215brainly.co.id/tugas/40836924brainly.co.id/tugas/40835803

_____________________________

Detail Jawaban

Kategori Umum:

N5 Level A Bab 1

____________

Kategori Sekolah:

Mapel: Bahasa Jepang

Kelas: 10

Materi: Huruf

Semester: 1

Sub Bab: Huruf

Kode soal: 15

Kode kategori: 10.15.2

_____________________________


3. Buat 5 kalimat kazoku dari masing-masing bunpou 1-5, tulis lengkap dengan romaji, hiragana/katakana, dan artinya. (total 25 kalimat)​


Bunpou ke-1

KB (jumlah orang) kazoku/kyodai desu.

Contoh kalimat :

1). さんにんかぞくです。

    Sannin kazoku desu.

    Keluarga 3 orang.

2). よにんかぞくです。

    Yonin kazoku desu.

    Keluarga 4 orang.

3). ごにんかぞくです。

    Gonin kazoku desu.

    Keluarga 5 orang.

4). ふたりきょうだいです。

    Futari kyoudai desu.

    2 bersaudara.

5). さんにんきょうだいです。

    Sannin kyoudai desu.

    3 bersaudara.

Bunpou ke-2

KB (saudara kandung) ga KB (jumlah orang) imasu.

Contoh kalimat :

1). あにが ひとりいます。

    Ani ga hitori imasu.

    Ada 1 kakak laki-laki.

2). あねが ふたりいます。

    Ane ga futari imasu.

    Ada 2 kakak perempuan.

3). おとうとが さんにんいます。

    Otouto ga sannin imasu.

    Ada 3 adik laki-laki.

4). いもうとが よにんいます。

    Imouto ga yonin imasu.

    Ada 4 adik perempuan.

5). いもうとが ひとりいます。

    Imouto ga hitori imasu.

    Ada 1 adik perempuan.

Bunpou ke-3

KB (orang) wa KB (saudara orang lain) ga KB (jumlah orang) imasu.

Contoh kalimat :

1). アズカさんは おにいさんが ひとりいます。

    Azuka-san wa onii-san ga hitori imasu.

    Azuka ada 1 kakak laki-laki.

2). ゆきえさんは おねえさんが ひとりいます。

    Yukie-san wa onee-san ga hitori imasu.

    Yukie ada 1 kakak perempuan.

3). アズカさんは おとうとさんが ふたりいます。

    Azuka-san wa otouto-san ga futari imasu.

    Azuka ada 2 adik laki-laki.

4). ヒダさんは いもうとさんが ふたりいます。

    Hida-san wa imouto-san ga futari imasu.

    Hida ada 2 adik perempuan.

5). アズカさんは いもうとさんが さんにんいます。

    Azuka-san wa imouto-san ga sannin imasu.

    Azuka ada 3 adik perempuan.

Bunpou ke-4

KB (orang) wa KB(bilangan) Sai desu.

Contoh kalimat :

1). アズカさんは 15さいです。

    Azuka-san wa juu go sai desu.

    Azuka berumur 15 tahun.

2). ゆきえさんは 17さいです。

    Yukie-san wa juu nana sai desu.

    Yukie berumur 17 tahun.

3). イブさんは 26さいです。

    Ibu-san wa ni juu roku sai desu.

    Eve berumur 26 tahun.

4). たつやさんは 25さいです。

    Tatsuya-san wa ni juu go sai desu.

    Tatsuya berumur 25 tahun.

5). そうさんは 23さいです。

    Sou-san wa ni juu san sai desu.

    Sou berumur 23 tahun.

Bunpou ke-5

KB (orang) wa KB (status /pekerjaan) desu.

Contoh kalimat :

1). アズカさんは ほんやくしゃです。

    Azuka-san wa hon'yakusha desu.

    Azuka adalah penerjemah.

2). ゆきえさんは こうこうせいです。

    Yukie-san wa koukousei desu.

    Yukie adalah siswa SMA.

3). イブさんは かしゅです。

    Ibu-san wa kashu desu.

    Eve adalah penyanyi.

4). ヒダさんは せいとです。

    Hida-san wa seito desu.

    Hida adalah siswa.

5). かんなさんは じょゆうです。

    Kanna-san wa joyuu desu.

    Kanna adalah aktris.

______________________________

PELAJARI LEBIH LANJUT

• Huruf-huruf Jepang

https://brainly.co.id/tugas/48787190

• Joshi (Partikel)

https://brainly.co.id/tugas/46453013

______________________________

DETAIL JAWABAN

Mapel : Bahasa Jepang

Kelas : 10 SMA

Materi : Bunpou, Kazoku

Kata Kunci : Membuat kalimat dari bunpou

Kode Soal : 15

Kode Kategorisasi : 10.15

______________________________


4. katakana dan hiragana


Jelaskan serta sebutkan huruf dari hiragana dan katakana. Kapan digunakannya huruf hiragana dan katakana? Apa perbedaan dari hiragana dan katakana? Berikan contoh katanya!

=== Jawaban ===

❇ Hiragana

↪ Huruf ini ialah huruf Jepang asli. Secara sejarah, Hiragana sempat tidak diterima oleh rakyat Jepang yang lebih memilih kanji. Oleh karena itu Hiragana lebih dikenal dengan "onnade" yang mengartikan tulisan wanita. Mengapa demikian? Karena ada saat itu Hiragana lebih sering dipakai oleh wanita. Tujuan dibuatnya huruf hiragana adalah untuk mempermudah membaca kanji. Terdapat 46 huruf dasar.

Hal yang menjadi ciri khas paling menonjol adalah;

Huruf hiragana lebih terlihat elegan dan mudah untuk ditulis. Di setiap tulisan memiliki lengkungan yang menampakan ciri khas tersendiri dari Hiragana.Huruf Hiragana digunakan untuk tulisan bahasa Jepang asli. Jika tidak ada kanji, maka yang digunakan adalah hiragana dan tidak semua tulisan Jepang ada Kanji. Oleh karena itu, Hiragana adalah tulisan asli Jepang.Biasanya juga digunakan untuk kata / kalimat yang tidak memiliki kanji. Maka dari itu hiragana digunakan.

------------------------------

••: 46 Huruf dasar :••

------------------------------

あ い う え お (a - i - u - e - o)

か き く け こ (ka - ki - ku - ke - ko)  

さ し す せ そ (sa - shi - su - se - so)  

た ち つ て と (ta - chi - tsu -te - to)  

な に ぬ ね の (na - ni - nu - ne - no)  

は ひ ふ へ ほ (ha - hi - fu - he - ho)  

ま み む め も (ma - mi - mu - me - mo)  

や ゆ よ (ya - yu - yo)

ら り る れ ろ (ra - ri - ru - re - ro)  

わ を (wa - o)  

ん (n)

-------------------------------------------

••: 25 Huruf tenten-maru :••

-------------------------------------------

が ぎ ぐ げ ご (ga - gi - gu - ge - go)

ざ じ ず ぜ ぞ (za - ji - zu - ze - zo)

だ ぢ づ で ど (da - ji - du - de - do)

ば び ぶ べ ぼ (ba - bi - bu - be - bo)

ぱ ぴ ぷ ぺ ぽ (pa - pi - pu - pe - po)

Nb:

maru adalah yang terdapat tanda (o) di atas kanan huruf. Hanya dipakai untuk huruf H saja dan berubah menjadi huruf P.Tenten (dibaca tenteng) adalah yang terdapat tanda (") di atas kanan huruf. Hanya dipakai untuk huruf ;

        - K⇨G

        - S⇨Z

        - D⇨T

        - H⇨B

------------------------------------

••: 33 Huruf Campuran :••

------------------------------------

きゃ  きゅ  きょ (kya - kyu - kyo)

ぎゃ  ぎゅ  ぎょ (gya - gyu - gyo)

しゃ  しゅ  しょ (sya - syu - syo)

じゃ  じゅ  じょ (jya - jyu - jyo)

ちゃ  ちゅ  ちょ (cha - chu - cho)

にゃ  にゅ  にょ (nya - nyu - nyo)

ひゃ  ひゅ  ひょ (hya - hyu - hyo)

びゃ  びゅ  びょ (bya - byu - byo)

ぴゃ  ぴゅ  ぴょ (pya - pyu - pyo)

みゃ  みゅ  みょ (mya - myu - myo)

りゃ  りゅ  りょ (rya - ryu - Ryo)

Nb:

• RUMUS: Huruf berakhiran vocal i + や/ゆ/よ kecil.

__________

Contoh kata dengan tulisan hiragana dan artinya:

はな (Hana) : bunga / hidungさくら (sakura) : bunga sakuraおんな (onna) : perempuanおとこ (otoko) : laki-lakiうし (ushi) : sapiうしろ (ushiro) : belakangうち (uchi) : rumahかぞく(kazoku) : keluargaがっこう(gakkou) : sekolah.

____________________________

❇ Katakana

↪ Huruf ini ialah huruf untuk serap asing. Secara sejarah, huruf ini di buat oleh para lelaki Jepang, maka dari itu penulisna nya sedikit lebih tegas. Dan juga, penulisan huruf katakana ini memang sedikit rumit dikarenakan bentuk tulisan yang kaku. Katakana memiliki 46 huruf dasar.

Fungsi / penggunaan huruf katakana:

untuk kata serapan asinguntuk mengubah bahasa asinguntuk mengubah nama orang asinguntuk nama negara (kecuali untuk negara Jepang, Korea, dan Cina terdapat kanjinya).untuk nama tempat wisata luar Jepang maupun wisata dalam Jepang yang ada unsur nama asingnya.untuk nama produk luar Jepanguntuk penegasan katauntuk berbincang di SNS / sosial mediauntuk bahasa slangsemua yang berasal dari luar Jepang dapat diubah menjadi katakana. Pengubahannya mengikuti sesuai dengan cara diucapkan beserta didengar.

Contoh kata:

コンピューター (Konpyuutaa): komputer

モデル (moderu): Model

ドア (doa): Pintu

ガール (gaaru): Girl / perempuan / onna no ko

ステラ (sutera): Stella

インドネシア (indonesia): Indonesia

------------------------------

••: 46 Huruf dasar :••

------------------------------

ア イ ウ エ オ (a - i - u - e - o)  

カ キ ク ケ コ (ka - ki - ku - ke - ko)  

サ シ ス セ ソ (sa - shi - su - se - so)  

タ チ ツ テ ト (ta - chi - tsu -te - to)  

ナ ニ ヌ ネ ノ (na - ni - nu - ne - no)  

ハ ヒ フ ヘ ホ (ha - hi - fu - he - ho)  

マ ミ ム メ モ (ma - mi - mu - me - mo)  

ヤ ユ ヨ (ya - yu - yo)  

ラ リ ル レ ロ (ra - ri - ru - re - ro)  

ワ ヲ (wa - o)  

ン (n)

____________________________

Simak soal mengenai huruf Jepang di sini:

brainly.co.id/tugas/8612819 (alasan mengapa huruf dalam bahasa Jepang harus digabung antara kanji, hiragana, dan katakana)

brainly.co.id/tugas/1924063 (mengenai seluruh huruf Jepang)

brainly.co.id/tugas/830296 (mengenai huruf hiragana)

brainly.co.id/tugas/16830853 (mengenai huruf katakana)

brainly.co.id/tugas/19117736 (pengertian huruf vokal dalam bahasa Jepang)

____________________________

Semoga membantu✔

____________________________

Kategori umum:

|| N5 Level A ||

Bab: -

(huruf dasar bahasa Jepang dipelajari sebelum masuk bab)

Kategori Sekolah:

Kelas: 10 SMA

Semester: 1

Bab: 2

Sub Bab: 字 (ji) / huruf

Kunci soal: Huruf hiragana dan katakana

Kode soal: 15

Kode kategorisasi : 10.15.2

___________________________


5. bagaimana katakana bed​


Huruf Katakana dari kata serapan 'Bed' adalah ベッド (Beddo).

| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |

Pembahasan

  Huruf Jepang ada 3 jenis yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. Ketiga huruf ini merupakan huruf yang dipakai di Jepang. Selain ketiga huruf ini masih ada 1 jenis huruf lagi, tapi biasa hanya dipakai orang luar Jepang, yaitu Romaji. Huruf yang akan saya bahas kali ini hanya Katakana saja.

===

PENGERTIAN KATAKANA

  Katakana (カタカナ) merupakan salah satu dari tiga jenis huruf Jepang, yang digunakan untuk menulis kata-kata serapan luar Jepang. Katakana disebut juga 仮名 (Kana), sama seperti Hiragana. Katakana berawal dari Kanji, kemudian dikembangkan oleh rohaniawan Buddha dengan tujuan untuk melafalkan kitab suci Buddha yang bertuliskan Kanji Tiongkok.

---

FUNGSI KATAKANA

  Katakana memiliki beberapa fungsi, antara lain untuk :

Menulis kata-kata serapanMenulis onomatopeMemberi penekanan pada kata

---

CIRI DAN HURUF-HURUF KATAKANA

  Huruf-huruf Hiragana memiliki ciri yaitu garis-garis hurufnya yang kebanyakan lurus dan lebih kaku. Kemudian huruf Katakana juga dibagi menjadi Gojuuon, Dakuon, Handakuon, Youon, Sokuon, dan Chouon.

-

  1). 五十音 (Gojuuon)

  Gojuuon artinya "50 bunyi". Huruf-huruf Gojuuon terdapat 46 huruf yang nanti akan menjadi dasar untuk jenis-jenis huruf lainnya. Dinamakan 50 bunyi karena tabel huruf Gojuuon itu 5x10. Huruf-hurufnya antara lain sebagai berikut.

ア イ ウ エ オ (a - i - u - e - o)カ キ ク ケ コ (ka - ki - ku - ke - ko)サ シ ス セ ソ (sa - shi - su - se - so)タ チ ツ テ ト (ta - chi - tsu -te - to)ナ ニ ヌ ネ ノ (na - ni - nu - ne - no)ハ ヒ フ ヘ ホ (ha - hi - fu - he - ho)マ ミ ム メ モ (ma - mi - mu - me - mo)ヤ ユ ヨ (ya - yu - yo)ラ リ ル レ ロ (ra - ri - ru - re - ro)ワ ヲ (wa - wo)ン (n)

-

  2). 濁音 (Dakuon)

  Dakuon artinya "Bunyi keruh". Huruf Dakuon merupakan huruf Gojuuon deret [K, S, T, H] yang diberikan tanda seperti tanda kutip bernama Tenten di atas kanan huruf nya, untuk mengubah bunyi konsonan pada huruf tersebut menjad [G, Z, D, B]. Huruf Dakuon berjumlah 20 huruf. Huruf-hurufnya antara lain sebagai berikut.

ガ ギ グ ゲ ゴ (ga - gi - gu - ge - go)ザ ジ ズ ゼ ゾ (za - ji - zu - ze - zo)ダ ヂ ヅ デ ド (da - ji - dzu - de - do)バ ビ ブ ベ ボ (ba - bi - bu - be - bo)

-

  3). 半濁音 (Handakuon)

  Handakuon artinya "Bunyi setengah keruh". Huruf Handakuon merupakan huruf Gojuuon deret [H] yang diberikan tanda lingkaran kecil bernama Maru di atas kanan huruf nya, untuk mengubah bunyi konsonan pada huruf tersebut menjadi [P]. Huruf Handakuon berjumlah 5 huruf. Huruf-hurufnya antara lain sebagai berikut.

パ ピ プ ペ ポ (pa - pi - pu - pe - po)

-

  4). 拗音 (Youon)

  Youon artinya "Suara bengkok". Huruf Youon merupakan gabungan dari huruf-huruf berbunyi akhir 'i' dengan huruf 'ya', 'yu', atau 'yo' berukuran kecil. Huruf Youon berjumlah 21 huruf. Huruf-hurufnya antara lain sebagai berikut.

キャ キュ キョ (kya - kyu - kyo)ギャ ギュ ギョ (gya - gyu - gyo)シャ シュ ショ (sha - shu - sho)ジャ ジュ ジョ (ja - ju - jo)チャ チュ チョ (cha - chu - cho)ニャ ニュ ニョ (nya - nyu - nyo)ヒャ ヒュ ヒョ (hya - hyu - hyo)ビャ ビュ ビョ (bya - byu - byo)ピャ ピュ ピョ (pya - pyu - pyo)ミャ ミュ ミョ (mya - myu - myo)リャ リュ リョ (rya - ryu - ryo)

-

  5). 促音 (Sokuon)

  Sokuon merupakan huruf 'Tsu' berukuran kecil, untuk menggandakan konsonan berikutnya. Atau bisa juga untuk jeda sebelum membaca huruf berikutnya. Contohnya sebagai berikut.

 コク (Koku)  ||  コック (Kokku)

 サカ (Saka)  ||  サッカ (Sakka)

-

  6). 長音 (Chouon)

  Chouon merupakan bunyi vokal panjang dalam sebuah kata. Untuk huruf Katakana, cara memanjangkan suatu vokal yaitu dengan menambahkan tanda strip setelah huruf yang bunyi vokal nya ingin dipanjangkan. Contohnya sebagai berikut.

 サッカ (Sakka)  ||  サッカー (Sakkaa)

 ケキ (Keki)  ||  ケーキ (Keeki)

------

Pelajari Lebih LanjutHiragana, Katakana, Kanji, Romaji ➡ brainly.co.id/tugas/48924483Huruf Katakana dari kata 'Amerika' ➡ brainly.co.id/tugas/35178266Huruf Katakana dari kata 'Ice cream' ➡ brainly.co.id/tugas/183356Joshi atau Partikel Bahasa Jepang ➡ brainly.co.id/tugas/46453013

---

Detail Jawaban

Mapel : Bahasa Jepang

Kelas : 10 SMA

Bab : 2 - Huruf

Kata Kunci : Katakana

Kode Soal : 15

Kode Kategorisasi : 10.15.2

_________________________________


6. Tulis dalam katakana


Jawaban:

1. スープ

Sūpu = soto/sup

2. ピザ

Piza = pizza

3. サテ

Sate = sate

4. フライドチキン

Furaidochikin = ayam goreng

5. 牛乳

Gyūnyū = Milk/susu

Semoga membantu semangat belajarnya:)


7. apa itu huruf Katakana ?​


Jawaban:

Huruf Katakana adalah aksara huruf dari bahasa Jepang, yang digunakan untuk kata kata asing. Misal untuk Nama Negara Asing, atau beberapa Bahasa Asing.

Penjelasan:

-sekian

Huruf katakana adalah jenis huruf bahasa Jepang yang kedua. Biasanya huruf katakana digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang kemudian diserap ke dalam bahasa Jepang.


8. katakana dan hiragana


Jelaskan serta sebutkan huruf dari hiragana dan katakana. Kapan digunakannya huruf hiragana dan katakana? Apa perbedaan dari hiragana dan katakana? Berikan contoh katanya!

=== Jawaban ===

❇ Hiragana

↪ Huruf ini ialah huruf Jepang asli. Secara sejarah, Hiragana sempat tidak diterima oleh rakyat Jepang yang lebih memilih kanji. Oleh karena itu Hiragana lebih dikenal dengan "onnade" yang mengartikan tulisan wanita. Mengapa demikian? Karena ada saat itu Hiragana lebih sering dipakai oleh wanita. Tujuan dibuatnya huruf hiragana adalah untuk mempermudah membaca kanji. Terdapat 46 huruf dasar.

Hal yang menjadi ciri khas paling menonjol adalah;

Huruf hiragana lebih terlihat elegan dan mudah untuk ditulis. Di setiap tulisan memiliki lengkungan yang menampakan ciri khas tersendiri dari Hiragana.Huruf Hiragana digunakan untuk tulisan bahasa Jepang asli. Jika tidak ada kanji, maka yang digunakan adalah hiragana dan tidak semua tulisan Jepang ada Kanji. Oleh karena itu, Hiragana adalah tulisan asli Jepang.Biasanya juga digunakan untuk kata / kalimat yang tidak memiliki kanji. Maka dari itu hiragana digunakan.

------------------------------

••: 46 Huruf dasar :••

------------------------------

あ い う え お (a - i - u - e - o)

か き く け こ (ka - ki - ku - ke - ko)  

さ し す せ そ (sa - shi - su - se - so)  

た ち つ て と (ta - chi - tsu -te - to)  

な に ぬ ね の (na - ni - nu - ne - no)  

は ひ ふ へ ほ (ha - hi - fu - he - ho)  

ま み む め も (ma - mi - mu - me - mo)  

や ゆ よ (ya - yu - yo)

ら り る れ ろ (ra - ri - ru - re - ro)  

わ を (wa - o)  

ん (n)

-------------------------------------------

••: 25 Huruf tenten-maru :••

-------------------------------------------

が ぎ ぐ げ ご (ga - gi - gu - ge - go)

ざ じ ず ぜ ぞ (za - ji - zu - ze - zo)

だ ぢ づ で ど (da - ji - du - de - do)

ば び ぶ べ ぼ (ba - bi - bu - be - bo)

ぱ ぴ ぷ ぺ ぽ (pa - pi - pu - pe - po)

Nb:

maru adalah yang terdapat tanda (o) di atas kanan huruf. Hanya dipakai untuk huruf H saja dan berubah menjadi huruf P.Tenten (dibaca tenteng) adalah yang terdapat tanda (") di atas kanan huruf. Hanya dipakai untuk huruf ;

         - K⇨G

         - S⇨Z

         - D⇨T

         - H⇨B

------------------------------------

••: 33 Huruf Campuran :••

------------------------------------

きゃ きゅ きょ (kya - kyu - kyo)

ぎゃ ぎゅ ぎょ (gya - gyu - gyo)

しゃ しゅ しょ (sya - syu - syo)

じゃ  じゅ  じょ (jya - jyu - jyo)

ちゃ  ちゅ  ちょ (cha - chu - cho)

にゃ  にゅ  にょ (nya - nyu - nyo)

ひゃ  ひゅ  ひょ (hya - hyu - hyo)

びゃ  びゅ  びょ (bya - byu - byo)

ぴゃ  ぴゅ  ぴょ (pya - pyu - pyo)

みゃ  みゅ  みょ (mya - myu - myo)

りゃ  りゅ  りょ (rya - ryu - Ryo)

Nb:

• RUMUS: Huruf berakhiran vocal i + や/ゆ/よ kecil.

__________

Contoh kata dengan tulisan hiragana dan artinya:

はな (Hana) : bunga / hidungさくら (sakura) : bunga sakuraおんな (onna) : perempuanおとこ (otoko) : laki-lakiうし (ushi) : sapiうしろ (ushiro) : belakangうち (uchi) : rumahかぞく(kazoku) : keluargaがっこう(gakkou) : sekolah.

____________________________

❇ Katakana

↪ Huruf ini ialah huruf untuk serap asing. Secara sejarah, huruf ini di buat oleh para perempuan Jepang, maka dari itu penulisna nya sedikit lebih tegas. Dan juga, penulisn huruf katakana ini memang sedikit rumit dikarenakan bentuk tulisan yang kaku. Katakana memiliki 46 huruf dasar.

Fungsi / penggunaan huruf katakana:

untuk kata serapan asinguntuk mengubah bahasa asinguntuk mengubah nama orang asinguntuk nama negara (kecuali untuk negara Jepang, Korea, dan Cina terdapat kanjinya).untuk nama tempat wisata luar Jepang maupun wisata dalam Jepang yang ada unsur nama asingnya.untuk nama produk luar Jepanguntuk penegasan katauntuk berbincang di SNS / sosial mediauntuk bahasa slang

semua yang berasal dari luar Jepang dapat diubah menjadi katakana. Pengubahannya mengikuti sesuai dengan cara diucapkan beserta didengar.

Contoh kata:

コンピューター (Konpyuutaa): komputerモデル (moderu): Modelドア (doa): Pintuガール (gaaru): Girl / perempuan / onna no koステラ (sutera): Stellaインドネシア (indonesia): Indonesia

------------------------------

••: 46 Huruf dasar :••

------------------------------

ア イ ウ エ オ (a - i - u - e - o)  

カ キ ク ケ コ (ka - ki - ku - ke - ko)  

サ シ ス セ ソ (sa - shi - su - se - so)  

タ チ ツ テ ト (ta - chi - tsu -te - to)  

ナ ニ ヌ ネ ノ (na - ni - nu - ne - no)  

ハ ヒ フ ヘ ホ (ha - hi - fu - he - ho)  

マ ミ ム メ モ (ma - mi - mu - me - mo)  

ヤ ユ ヨ (ya - yu - yo)  

ラ リ ル レ ロ (ra - ri - ru - re - ro)  

ワ ヲ (wa - o)  

ン (n)

____________________________

Simak soal mengenai huruf Jepang di sini:

brainly.co.id/tugas/8612819 (alasan mengapa huruf dalam bahasa Jepang harus digabung antara kanji, hiragana, dan katakana)brainly.co.id/tugas/1924063 (mengenai seluruh huruf Jepang)brainly.co.id/tugas/830296 (mengenai huruf hiragana)brainly.co.id/tugas/16830853 (mengenai huruf katakana)brainly.co.id/tugas/19117736 (pengertian huruf vokal dalam bahasa Jepang)

____________________________

Semoga membantu✔

____________________________

Kategori umum:

|| N5 Level A ||

Bab: -

(huruf dasar bahasa Jepang dipelajari sebelum masuk bab)

Kategori Sekolah:

Kelas: 10 SMA

Semester: 1

Bab: 2

Sub Bab: 字 (ji) / huruf

Kunci soal: Huruf hiragana dan katakana

Kode soal: 15

Kode kategorisasi : 10.15.2

___________________________


9. ==WAKTUNYA KUIS== [+50] 1. Apa itu Hiragana? 2. Apa itu Katakana? 3. Apa itu Kanji? 4. Apa itu Romaji? 5. Tuliskan semua huruf Hiragana dan Katakana! Ngasal = Warn Jawaban benar + lengkap = BA


Pendahuluan

Huruf Jepang ada 3 jenis yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. Hiragana dan Katakana disebut juga Kana. Kana tiap hurufnya hanya memiliki satu bunyi saja, dan tidak memiliki arti. Sedangkan Kanji tiap hurufnya bisa memiliki lebih dari satu bunyi, dan memiliki arti. Selain ketiga jenis huruf tersebut, masih ada 1 jenis huruf lagi yang biasa hanya dipakai orang luar Jepang, yaitu Romaji.

Pembahasan

HIRAGANA (ひらがな)

=> Hiragana adalah huruf untuk menulis kata-kata asli Jepang yang tiap huruf nya mewakili satu bunyi dan tidak memiliki makna. Hiragana dulunya populer di kalangan kaum wanita Jepang yang pada saat itu tidak dibolehkan mempelajari dan menggunakan Kanji.

Huruf-huruf Hiragana dibagi menjadi huruf dasar, huruf tenten-maru, dan huruf campuran.

1). Huruf dasar Hiragana :

あ い う え お (a - i - u - e - o)か き く け こ (ka - ki - ku - ke - ko)さ し す せ そ (sa - shi - su - se - so)た ち つ て と (ta - chi - tsu -te - to)な に ぬ ね の (na - ni - nu - ne - no)は ひ ふ へ ほ (ha - hi - fu - he - ho)ま み む め も (ma - mi - mu - me - mo)や ゆ よ (ya - yu - yo)ら り る れ ろ (ra - ri - ru - re - ro)わ を (wa - wo)ん (n)

2). Huruf tenten-maru Hiragana :

が ぎ ぐ げ ご (ga - gi - gu - ge - go)ざ じ ず ぜ ぞ (za - ji - zu - ze - zo)だ ぢ づ で ど (da - ji - dzu - de - do)ば び ぶ べ ぼ (ba - bi - bu - be - bo)ぱ ぴ ぷ ぺ ぽ (pa - pi - pu - pe - po)

3). Huruf campuran Hiragana :

きゃ きゅ きょ (kya - kyu - kyo)ぎゃ ぎゅ ぎょ (gya - gyu - gyo)しゃ しゅ しょ (sha - shu - sho)じゃ じゅ じょ (ja - ju - jo)ちゃ ちゅ ちょ (cha - chu - cho)にゃ にゅ にょ (nya - nyu - nyo)ひゃ ひゅ ひょ (hya - hyu - hyo)びゃ びゅ びょ (bya - byu - byo)ぴゃ ぴゅ ぴょ (pya - pyu - pyo)みゃ みゅ みょ (mya - myu - myo)りゃ りゅ りょ (rya - ryu - ryo)

KATAKANA (カタカナ)

=> Katakana adalah huruf untuk menulis kata-kata serapan luar Jepang yang tiap huruf nya mewakili satu bunyi dan tidak memiliki makna, sama seperti Hiragana. Katakana berawal dari Kanji, kemudian dikembangkan oleh rohaniawan Buddha dengan tujuan untuk melafalkan kitab suci Buddha yang bertuliskan Kanji Tiongkok.

Huruf-huruf Katakana dibagi menjadi huruf dasar, huruf tenten-maru, dan huruf campuran.

1). Huruf dasar Katakana :

ア イ ウ エ オ (a - i - u - e - o)カ キ ク ケ コ (ka - ki - ku - ke - ko)サ シ ス セ ソ (sa - shi - su - se - so)タ チ ツ テ ト (ta - chi - tsu -te - to)ナ ニ ヌ ネ ノ (na - ni - nu - ne - no)ハ ヒ フ ヘ ホ (ha - hi - fu - he - ho)マ ミ ム メ モ (ma - mi - mu - me - mo)ヤ ユ ヨ (ya - yu - yo)ラ リ ル レ ロ (ra - ri - ru - re - ro)ワ ヲ (wa - wo)ン (n)

2). Huruf tenten-maru Katakana :

ガ ギ グ ゲ ゴ (ga - gi - gu - ge - go)ザ ジ ズ ゼ ゾ (za - ji - zu - ze - zo)ダ ヂ ヅ デ ド (da - ji - dzu - de - do)バ ビ ブ ベ ボ (ba - bi - bu - be - bo)パ ピ プ ペ ポ (pa - pi - pu - pe - po)

3). Huruf campuran Katakana :

キャ キュ キョ (kya - kyu - kyo)ギャ ギュ ギョ (gya - gyu - gyo)シャ シュ ショ (sha - shu - sho)ジャ ジュ ジョ (ja - ju - jo)チャ チュ チョ (cha - chu - cho)ニャ ニュ ニョ (nya - nyu - nyo)ヒャ ヒュ ヒョ (hya - hyu - hyo)ビャ ビュ ビョ (bya - byu - byo)ピャ ピュ ピョ (pya - pyu - pyo)ミャ ミュ ミョ (mya - myu - myo)リャ リュ リョ (rya - ryu - ryo)

KANJI (漢字)

=> Kanji adalah huruf pinjaman dari Cina yang tiap hurufnya dapat memiliki lebih dari satu bunyi, dan memiliki makna. Cara baca Kanji dibagi menjadi 2, yaitu Kunyomi (cara baca Jepang) dan Onyomi (cara baca Cina). Huruf-huruf Kanji yang digunakan di Jepang berjumlah sekitar 2000 Kanji dan dibagi menjadi 5 level, mulai dari N5 yang paling rendah, sampai N1 yang paling tinggi.

RŌMAJI (ローマ字)

=> Romaji adalah huruf berbentuk abcd yang digunakan untuk menuliskan cara baca dari kata yang menggunakan ketiga huruf Jepang lainnya (Hiragana, Katakana, Kanji). Huruf ini biasa hanya digunakan orang luar Jepang yang tidak bisa membaca huruf Jepang, dan lebih terbiasa membaca huruf abcd.

______________________________

Pelajari Lebih Lanjut

• Soal serupa

https://brainly.co.id/tugas/48787190

• Joshi (Partikel)

https://brainly.co.id/tugas/46453013

______________________________

Detail Jawaban

Mapel : Bahasa Jepang

Kelas : 10 SMA

Bab : 2 - Huruf

Kode Soal : 15

Kode Kategorisasi : 10.15.2

Kata Kunci : Hiragana, Katakana, Kanji, Romaji

______________________________


10. Lengkapilah huruf Katakana di dalam kurung sesuai dengan urutan huruf yang benar. (…..), (チ), (…..), (テ), (…..) *​


Jawaban:

Lengkapilah huruf Katakana di dalam kurung sesuai dengan urutan huruf yang benar. (…..), (チ), (…..), (テ), (…..) *

タ TA   チ CHI   ツ TSU   テ TE    ト TO

Penjelasan:

huruf huruf katakana

ア A イ I ウ U エ E オ O

カ KA キ KI ク KU ケ KE コ KO

サ SA シ SHI ス SU セ SE ソ SO

タ TA チ CHI ツ TSU テ TE ト TO

ナ NA ニ NI ヌ NU ネ NE ノ NO

ハ HA ヒ HI フ FU ヘ HE ホ HO  

マ MA ミ MI ム MU メ ME モ MO

ヤ YA   ユ YU   ヨ YO

ラ RA リ RI ル RU レ RE ロ RO

ワ WA   ヲ WO   ン N

katakana terdiri dari 46 huruf, akan tetapi huruf ヲ(wo) biasanya  tidak di gunakan sehingga kita lebih mengenal ada 45 huruf saja.

jika menulis tulisan yang bukan dari bahas jepang harus menggunakan katakana,karena itu adalah fungsi dari katakana

___________________________

Detail Jawaban

Kategori Umum  

|| Sub Bab :  N1 Level A

____________

Kategori sekolah :

Mapel: Bahasa Jepang

Kelas: 10

Materi: huruf / ji

Semester: 1

Kata kunci: katakana

semoga membantu :)

良い一日を !!!!!!!


11. sebutkan variasi Katakana lengkap


=== Jawaban ===

❇ Katakana

↪Huruf ini ialah huruf untuk serap asing. Secara sejarah, huruf ini di buat oleh para lelaki Jepang, maka dari itu penulisna nya sedikit lebih tegas. Fungsi huruf ini ialah untuk menulis nama orang, negara, wilayah, wisata alam, rekreasi, produk luar Jepang yang semisalkan "diubah" ke Bahasa Jepang tetapi agak "memaksa"

⇨ huruf dasar "Katakana" ada 46.
ア イ ウ エ オ (a - i - u - e - o)
カ キ ク ケ コ (ka - ki - ku - ke - ko)
サ シ ス セ ソ (sa - shi - su - se - so)
タ チ ツ テ ト (ta - chi - tsu -te - to)
ナ ニ ヌ ネ ノ (na - ni - nu - ne - no)
ハ ヒ フ ヘ ホ (ha - hi - fu - he - ho)
マ ミ ム メ モ (ma - mi - mu - me - mo)
ヤ ユ ヨ (ya - yu - yo)
ラ リ ル レ ロ (ra - ri - ru - re - ro)
ワ ン (wa - n)

↪ Huruf katakana ditulis sesuai dengan apa yang di dengar dan diucapkan.
contohnya:
• "Dzikra" dibaca dn didengar menjadi "Zikra", dengan kata lin akn ditulis menjadi "ジクラ (zikra)
⇨TETAPI; Jika huruf "d" terdapat di tengah kata, memakai "do".

↪ Di Jepang tidak ada huruf "L", maka dari itu setiap nama asing yang terdat huruf L akn diubah ke dalam huruf R karena terdapatnya pelafalan yang seiras.
misalkan ada yang bernama "Laila", akan diubah ke dalam R menjadi "Raira / ライラ"

↪ Di Jepang tidak Ada huruf yang berdiri sendiri, semua disertai dengan huruf vocal "A-i-u-e-o / あいうえお / アイウエオ"
Semisalkan ada huruf yang berdiri sendiri, kn masuk kedalam penambahan huruf vocal "U' yang nantinya akan dibaca samar.
Mislkan;
• Nurul : ヌルル (nururu)
• Afra : アフラ (afura)

↪ Di Jepang tidak ada huruf H yang berdiri sendiri maka dari itu akan berubah menjadi dibaca panjang. ketika dibac panjang, huruf tersebut akn menjadi double.
seperti contoh:
• Nahra : ナーラ (naara)
• Yasih : ヤシー (yasii)

↪ Jika terdapat huruf "y" yang berdiri sendiri di akhir kata, maka akn dibaca sama seperti huruf "h" yang berdiri sendiri. yaitu dengan dibac anjang dan menjadi huruf double mengikuti huttuf sebelumnya. Contohnya:
• Hanny: ハンニー (hannii)
• Merry: メッリー (merrii)

↪ Berbeda dengn huruf "d" Yang berdiri sendiri. jika huruf lain Yang beridiri sendiri harus disertai dengan huruf "u", huruf "d" ini harus memkai huruf "o" dan menjadi "do" karena huruf "du" tidak berlaku.
contohnya;
• Ahmad : アーマド (aamado)
• Hidla : ヒドラ (hidora)
________________________

Simak soal serupa di;
brainly.co.id/tugas/5147688
brainly.co.id/tugas/5689747
brainly.co.id/tugas/16830853
________________________

Semoga membantu ✔
Maaf bila kurang memuaskan.
________________________

♔ Kategori umum:
|| N5 Level A ||
Bab: -

♕ Kategori sekolah:
Kelas: 10 SMA
Semester: 1
Bab: 4
Sub Bab: Katakana
Kunci soal: Katakana
kode soal: 15
kode kategorasi: 10.15.4
_________________________

•Pembahasan:
↪ Katakana (dipelajari sebelum masuk bab)
↪ fungsi katakana.
↪ cara penlafalan katakana.
________________________

#OptiTimCompetition


12. katakana dan hiragana


Jelaskan serta sebutkan huruf dari hiragana dan katakana. Kapan digunakannya huruf hiragana dan katakana? Apa perbedaan dari hiragana dan katakana? Berikan contoh katanya!

=== Jawaban ===

❇ Hiragana

↪ Huruf ini ialah huruf Jepang asli. Secara sejarah, Hiragana sempat tidak diterima oleh rakyat Jepang yang lebih memilih kanji. Oleh karena itu Hiragana lebih dikenal dengan "onnade" yang mengartikan tulisan wanita. Mengapa demikian? Karena ada saat itu Hiragana lebih sering dipakai oleh wanita. Tujuan dibuatnya huruf hiragana adalah untuk mempermudah membaca kanji. Terdapat 46 huruf dasar.

Hal yang menjadi ciri khas paling menonjol adalah;

Huruf hiragana lebih terlihat elegan dan mudah untuk ditulis. Di setiap tulisan memiliki lengkungan yang menampakan ciri khas tersendiri dari Hiragana.Huruf Hiragana digunakan untuk tulisan bahasa Jepang asli. Jika tidak ada kanji, maka yang digunakan adalah hiragana dan tidak semua tulisan Jepang ada Kanji. Oleh karena itu, Hiragana adalah tulisan asli Jepang.Biasanya juga digunakan untuk kata / kalimat yang tidak memiliki kanji. Maka dari itu hiragana digunakan.

------------------------------

••: 46 Huruf dasar :••

------------------------------

あ い う え お (a - i - u - e - o)

か き く け こ (ka - ki - ku - ke - ko)  

さ し す せ そ (sa - shi - su - se - so)  

た ち つ て と (ta - chi - tsu -te - to)  

な に ぬ ね の (na - ni - nu - ne - no)  

は ひ ふ へ ほ (ha - hi - fu - he - ho)  

ま み む め も (ma - mi - mu - me - mo)  

や ゆ よ (ya - yu - yo)

ら り る れ ろ (ra - ri - ru - re - ro)  

わ を (wa - o)  

ん (n)

-------------------------------------------

••: 25 Huruf tenten-maru :••

-------------------------------------------

が ぎ ぐ げ ご (ga - gi - gu - ge - go)

ざ じ ず ぜ ぞ (za - ji - zu - ze - zo)

だ ぢ づ で ど (da - ji - du - de - do)

ば び ぶ べ ぼ (ba - bi - bu - be - bo)

ぱ ぴ ぷ ぺ ぽ (pa - pi - pu - pe - po)

Nb:

maru adalah yang terdapat tanda (o) di atas kanan huruf. Hanya dipakai untuk huruf H saja dan berubah menjadi huruf P.Tenten (dibaca tenteng) adalah yang terdapat tanda (") di atas kanan huruf. Hanya dipakai untuk huruf ;

        - K⇨G

        - S⇨Z

        - D⇨T

        - H⇨B

------------------------------------

••: 33 Huruf Campuran :••

------------------------------------

きゃ  きゅ  きょ (kya - kyu - kyo)

ぎゃ  ぎゅ  ぎょ (gya - gyu - gyo)

しゃ  しゅ  しょ (sya - syu - syo)

じゃ  じゅ  じょ (jya - jyu - jyo)

ちゃ  ちゅ  ちょ (cha - chu - cho)

にゃ  にゅ  にょ (nya - nyu - nyo)

ひゃ  ひゅ  ひょ (hya - hyu - hyo)

びゃ  びゅ  びょ (bya - byu - byo)

ぴゃ  ぴゅ  ぴょ (pya - pyu - pyo)

みゃ  みゅ  みょ (mya - myu - myo)

りゃ  りゅ  りょ (rya - ryu - Ryo)

Nb:

• RUMUS: Huruf berakhiran vocal i + や/ゆ/よ kecil.

__________

Contoh kata dengan tulisan hiragana dan artinya:

はな (Hana) : bunga / hidungさくら (sakura) : bunga sakuraおんな (onna) : perempuanおとこ (otoko) : laki-lakiうし (ushi) : sapiうしろ (ushiro) : belakangうち (uchi) : rumahかぞく(kazoku) : keluargaがっこう(gakkou) : sekolah.

____________________________

❇ Katakana

↪ Huruf ini ialah huruf untuk serap asing. Secara sejarah, huruf ini di buat oleh para lelaki Jepang, maka dari itu penulisna nya sedikit lebih tegas. Dan juga, penulisan huruf katakana ini memang sedikit rumit dikarenakan bentuk tulisan yang kaku. Katakana memiliki 46 huruf dasar.

Fungsi / penggunaan huruf katakana:

untuk kata serapan asinguntuk mengubah bahasa asinguntuk mengubah nama orang asinguntuk nama negara (kecuali untuk negara Jepang, Korea, dan Cina terdapat kanjinya).untuk nama tempat wisata luar Jepang maupun wisata dalam Jepang yang ada unsur nama asingnya.untuk nama produk luar Jepanguntuk penegasan katauntuk berbincang di SNS / sosial mediauntuk bahasa slangsemua yang berasal dari luar Jepang dapat diubah menjadi katakana. Pengubahannya mengikuti sesuai dengan cara diucapkan beserta didengar.

Contoh kata:

コンピューター (Konpyuutaa): komputerモデル (moderu): Modelドア (doa): Pintuガール (gaaru): Girl / perempuan / onna no koステラ (sutera): Stellaインドネシア (indonesia): Indonesia

------------------------------

••: 46 Huruf dasar :••

------------------------------

ア イ ウ エ オ (a - i - u - e - o)  

カ キ ク ケ コ (ka - ki - ku - ke - ko)  

サ シ ス セ ソ (sa - shi - su - se - so)  

タ チ ツ テ ト (ta - chi - tsu -te - to)  

ナ ニ ヌ ネ ノ (na - ni - nu - ne - no)  

ハ ヒ フ ヘ ホ (ha - hi - fu - he - ho)  

マ ミ ム メ モ (ma - mi - mu - me - mo)  

ヤ ユ ヨ (ya - yu - yo)  

ラ リ ル レ ロ (ra - ri - ru - re - ro)  

ワ ヲ (wa - o)  

ン (n)

____________________________

Simak soal mengenai huruf Jepang di sini:

brainly.co.id/tugas/8612819 (alasan mengapa huruf dalam bahasa Jepang harus digabung antara kanji, hiragana, dan katakana)brainly.co.id/tugas/1924063 (mengenai seluruh huruf Jepang)brainly.co.id/tugas/830296 (mengenai huruf hiragana)brainly.co.id/tugas/16830853 (mengenai huruf katakana)brainly.co.id/tugas/19117736 (pengertian huruf vokal dalam bahasa Jepang)

____________________________

Semoga membantu✔

____________________________

Kategori umum:

|| N5 Level A ||

Bab: -

(huruf dasar bahasa Jepang dipelajari sebelum masuk bab)

Kategori Sekolah:

Kelas: 10 SMA

Semester: 1

Bab: 2

Sub Bab: 字 (ji) / huruf

Kunci soal: Huruf hiragana dan katakana

Kode soal: 15

Kode kategorisasi : 10.15.2

___________________________


13. Tuliskan lengkap 46 huruf katakana!​


ア aイ iウ uエ eオ oカ kaキ kiク kuケ keコ koキャ kyaキュ kyuキョ kyoサ saシ shiス suセ seソ soシャ shaシュ shuショ shoタ taチ chiツ tsuテ teト toチャ chaチュ chuチョ choナ naニ niヌ nuネ neノ noニャ nyaニュ nyuニョ nyoハ haヒ hiフ fuヘ heホヒャ hyaヒュ hyuヒョ hyoマ maミ miム muメ meモ moミャ myaミュ myuミョ myoヤ yaユ yuヨ yoラ raリ riル ruレ reロ roリャ ryaリュ ryuリョ ryoワ waヰ wiヱ weヲ woン nガ gaギ giグ guゲ geゴ goギャ gyaギュ gyuギョ gyoザ zaジ jiズ zuゼ zeゾ zoジャ jaジュ juジョ joダ daヂ jiヅ zuデ deド doバ baビ biブ buベ beボ boビャ byaビュ byuビョ byoパ paピ piプ puペ peポピャ pyaピュ pyuピョ pyo

Contoh Katakana, Romaji dan Artinya :

Kamera ( Kamera )                       : カメラ

Furonto ( Front Office )                : フロント

Toire ( Toilet )                                : トイレ

Pan ( Roti )                                    : パン

Terebi (Televise )                          : テレビ

Rajio ( Radio )                               : ラジオ

Naifu ( Pisau )                               : ナイフ

Doa ( Pintu )                                  : ドア

Nekutai ( Dasi )                             : ネクタイ

Jawaban

Huruf katakana merupakan huruf yang digunakan untuk kata serapan asing di Jepang.

46 huruf katakana:

huruf dalam warna merah sudah jarang digunakan):

ア a

イ i

ウ u

エ e

オ o

カ ka

キ ki

ク ku

ケ ke

コ ko

キャ kya

キュ kyu

キョ kyo

サ sa

シ shi

ス su

セ se

ソ so

シャ sha

シュ shu

ショ sho

タ ta

チ chi

ツ tsu

テ te

ト to

チャ cha

チュ chu

チョ cho

ナ na

ニ ni

ヌ nu

ネ ne

ノ no

ニャ nya

ニュ nyu

ニョ nyo

ハ ha

ヒ hi

フ fu

ヘ he

ホ ho

ヒャ hya

ヒュ hyu

ヒョ hyo

マ ma

ミ mi

ム mu

メ me

モ mo

ミャ mya

ミュ myu

ミョ myo

ヤ ya

ユ yu

ヨ yo

ラ ra

リ ri

ル ru

レ re

ロ ro

リャ rya

リュ ryu

リョ ryo

ワ wa

ヰ wi

ウ wu

ヱ we

ヲ wo

ン n

ガ ga

ギ gi

グ gu

ゲ ge

ゴ go

ギャ gya

ギュ gyu

ギョ gyo

ザ za

ジ ji

ズ zu

ゼ ze

ゾ zo

ジャ ja

ジュ ju

ジョ jo

ダ da

ヂ ji

ヅ zu

デ de

ド do

バ ba

ビ bi

ブ bu

ベ be

ボ bo

ビャ bya

ビュ byu

ビョ byo

パ pa

ピ pi

プ pu

ペ pe

ポ po

ピャ pya

ピュ pyu

ピョ pyo


14. Tolong tulisan huruf abjad Jepang Hiragana dan katakana dong. Yang lengkap yah! Aku kasih 14 poin nih! hehehe^_^​


=== Jawaban ===

❇ Hiragana

↪Huruf ini ialah huruf Jepang asli. Secara sejarah, Hiragana sempat tidak diterima oleh rakyat Jepang yang lebih memilih knji. Oleh kare itu Hiragana lebih dikenal dengan "onnade" yang mengartikan tulisan wanita. Mengapa demikian? Karena ada saat itu Hiragana lebih sering dipakai oleh wanita. Tujuan dibuatnya huruf hiragana adalah untuk mempermudah membaca kanji. Terdapat 46 huruf dasar.

↪yang menjadi ciri khas paling menonjol adalah;

• Huruf hiragana lebih terlihat elegan dan mudah untuk ditulis. Di setiap tulisan memiliki lengkungan yang menampakan ciri khas tersendiri dari Hiragana.

Huruf Hiragana digunakan untuk tulisan bahasa Jepang asli. Jika tidak ada kanji, maka yang digunakan adalah hiragana. Dan tidak semua tulisan Jepang ada Kanji. Karena Hiragana adalah tulisan asli Jepang.

Contoh hurufnya:

- なないろ (Nanairo): 7 macam / 7 warna

------------------------------

••: 46 Huruf dasar :••

------------------------------

あ い う え お (a - i - u - e - o)

カ か き く け こ (ka - ki - ku - ke - ko)  

さ し す せ そ (sa - shi - su - se - so)  

た ち つ て と (ta - chi - tsu -te - to)  

な に ぬ ね の (na - ni - nu - ne - no)  

は ひ ふ へ ほ (ha - hi - fu - he - ho)  

ま み む め も (ma - mi - mu - me - mo)  

や ゆ よ (ya - yu - yo)

ら り る れ ろ (ra - ri - ru - re - ro)  

わ を(wa - o)  

ん (n)

-------------------------------------------

••: 25 Huruf tenten-maru :••

-------------------------------------------

が ぎ ぐ げ ご (ga - gi - gu - ge - go)

ざ じ ず ぜ ぞ (za - ji - zu - ze - zo)

だ ぢ づ で ど (da - ji - du - de - do)

ば び ぶ べ ぼ (ba - bi - bu - be - bo)

ぱ ぴ ぷ ぺ ぽ (pa - pi - pu - pe - po)

Nb:

• maru adalah yang terdapat tanda (o) di atas kanan huruf. Hanya dipakai untuk huruf H saja dan berubah menjadi huruf P.

• Tenten (dibaca tenteng) adalah yang terdapat tanda (") di atas kanan huruf. Hanya dipaki untuk huruf ;

- K⇨G

- S⇨Z

- D⇨T

- H⇨B

------------------------------------

••: 33 Huruf Campuran :••

------------------------------------

きゃ きゅ きょ (kya - kyu - kyo)

ぎゃ ぎゅ ぎょ (gya - gyu - gyo)

しゃ しゅ しょ (sya - syu - syo)

じゃ じゅ じょ (jya - jyu - jyo)

ちゃ ちゅ ちょ (cha - chu - cho)

にゃ にゅ にょ (nya - nyu - nyo)

ひゃ ひゅ ひょ (hya - hyu - hyo)

びゃ びゅ びょ (bya - byu - byo)

ぴゃ ぴゅ ぴょ (pya - pyu - pyo)

みゃ みゅ みょ (mya - myu - myo)

りゃ りゅ りょ (rya - ryu - Ryo)

Nb:

• RUMUS: Huruf berakhiran vocal i + や/ゆ/よ kecil.

--> simak soal serupa mengenai Hiragana di sini: brainly.co.id/tugas/830296

_______________

❇ Katakana

↪Huruf ini ialah huruf untuk serap asing. Secara sejarah, huruf ini di buat oleh para perempuan Jepang, maka dari itu penulisna nya sedikit lebih tegas. Dan juga, penulisn huruf katakana ini memang sedikit rumit dikarenakan bentuk tulisan yang kaku.

---> Fungsi huruf ini ialah untuk menulis nama orang, negara, wilayah, wisata alam, rekreasi, produk luar Jepang yang semisalkan "diubah" ke Bahasa Jepang tetapi agak "memaksa". Terdapat 46 huruf dasar.

Contoh hurufnya:

↪コンピューター (Konpyuutaa): Computer

------------------------------

••: 46 Huruf dasar :••

------------------------------

ア イ ウ エ オ (a - i - u - e - o)  

カ キ ク ケ コ (ka - ki - ku - ke - ko)  

サ シ ス セ ソ (sa - shi - su - se - so)  

タ チ ツ テ ト (ta - chi - tsu -te - to)  

ナ ニ ヌ ネ ノ (na - ni - nu - ne - no)  

ハ ヒ フ ヘ ホ (ha - hi - fu - he - ho)  

マ ミ ム メ モ (ma - mi - mu - me - mo)  

ヤ ユ ヨ (ya - yu - yo)  

ラ リ ル レ ロ (ra - ri - ru - re - ro)  

ワ ヲ (wa - o)  

ン (n)

____________________________

Simak soal mengenai huruf Jepang di sini:

• https://brainly.co.id/tugas/1924063

____________________________

Semoga membantu✔

Maaf bila kurang memuaskan.

____________________________

♔ Kategori umum:

||N5 Level A ||

Bab: -

♕ Kategori sekolah:

Kelas: 10 SMA

Semester: 1

Bab: 2

Sub Bab: 字 (ji) / huruf

Kunci soal: Huruf Jepang

Kode soal: 15

Kode kategorisasi : 10.15.2

___________________________

Pembahasan:

• Katakana

• Hiragana

___________________________


15. apa pengertian Katakana?​


Katakana merupakan jenis huruf bahasa Jepang yang kedua dari salah satu ketiga huruf Jepang lainnya, huruf ini memiliki fungsi sebagai untuk menuliskan kosakata asing seperti untuk pengejaan nama dan juga menuliskan kosakata asing dari bahasa lain.

Pembahasan

Pada zaman abad ke-9 di Jepang, yakni zaman Heian. Katakana tersebut dikembangkan yang diambil dari bagian-bagian huruf kanji oleh biksu Buddha pada zaman tersebut.

Huruf-huruf katakana adalah sebagai berikut :

Huruf vokalnya :

ア (a) イ (i) ウ (u) エ (e) オ (o).

___

カ - キ -ク -ケ - コ

ka - ki - ku - ke - ko

サ - シ - ス - セ - ソ

sa - si - su - se - so

タ - チ - ツ - テ - ト

ta - chi - tsu - te - to

ナ - ニ - ヌ - ネ - ノ

na - ni - nu - ne - no

ハ -ヒ -フ - ヘ - ホ

ha - hi - fu - he - ho

マ - ミ - ム - メ - モ

ma - mi - mu - me - mo

ヤ - ユ - ヨ

ya - yu - yo

ラ -リ - ル - レ - ロ

ra - ri - ru - re - ro

ワ -ウ -ヲ - ン

wa - wu - wo - n

______________

han (dakuten)

Merupakan huruf katakana yang ditambahkannya tenten (") dan juga menambahkan maru (°), hal ini agar dapat mengubah cara baca atau bunyi suatu huruf pada Katakana dasar.

ガ - ギ - グ - ゲ - ゴ

ga - gi - ge - go

ザ - ジ - ズ - ゼ - ゾ

za - ji - zu - ze - zo

ダ - ヂ - ヅ - デ -ド

da - ji - zu - de - do

バ - ビ - ブ - ベ - ボ

ba - bi - bu - be - bo

パ -ピ - プ - ペ - ポ

pa - pi - pu - pe - po

______________

Yoōn

Merupakan jenis-jenis huruf yang digunakan dengan menggunakan salah satu huruf, yaitu y sehingga terbentuknya huruf baru.

キャ - キュ - キョ

kya - kyu - kyo

シャ - シュ - ショ

sha - shu - sho

チャ - チュ - チョ

cha - chu - cho

ニャ - ニュ - ニョ

nya - nyu - nyo

ヒャ - ヒュ - ヒョ

hya - hyu - hyo

ミャ - ミュ - ミョ

mya - myu - myo

________________

Sekarang, misalnya kita gunakan huruf Katakana menjadi sebuah nama seseorang :

Menggunakan nama seseorang

Gabungkan huruf vokal ア (a).Tambahkan huruf ニ (ni).Dan, huruf サ (sa).

Sehingga ketika digabungkan menjadi アニサ (anisa).

Pelajari Lebih Lanjutmengeja nama Saeful dalam bhs Jepang : https://brainly.co.id/tugas/14153262Buatlah percakapan tentang murid dan guru menggunakan bahasa jepang! : https://brainly.co.id/tugas/48689269Apa perbedaan hiragana dan katakana : https://brainly.co.id/tugas/11941454Detail Jawaban

Kelas : 10 SMA

Mapel : Bahasa Jepang

Materi : Bab 2 - Hiragana dan Katakana

Kode Kategorisasi : 10.15.2

Kode Soal : 15

Kata Kunci : Pengertian dan jenis huruf Katakana

Jawaban:

Katakana Dalam Bahasa Jepang (カタカナ) adalah salah satu daripada tiga cara penulisan bahasa Jepang

Pembahasan:

Katakana biasanya digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diserap ke dalam bahasa Jepang (外来語/gairaigo) selain itu juga digunakan untuk menuliskan onomatope dan kata-kata asli bahasa Jepang, hal ini hanya bersifat penegasan saja.

#Answer By: Kak Siti#Semoga Membantu Kak

16. quiz :tulislah huruf hiragana,katakana,dan kanji.hayoo bisa gak..lengkap ya.​


1. Hiragana「ひらがな」

Disebut juga huruf Kana. Masing-masing huruf Hiragana hanya memiliki satu bunyi saja dan tidak memiliki makna. Dulu, Hiragana populer di kalangan kaum wanita Jepang yang pada saat itu tidak dibolehkan mempelajari dan menggunakan kanji.

Fungsi ↴

Menulis kata asli JepangMenulis partikelMenulis okuriganaMenulis furigana

Huruf ↴

⇨ Hiragana dasar:    

あ い う え お (a - i - u - e - o)か き く け こ (ka - ki - ku - ke - ko)さ し す せ そ (sa - shi - su - se - so)た ち つ て と (ta - chi - tsu -te - to)な に ぬ ね の (na - ni - nu - ne - no)は ひ ふ へ ほ (ha - hi - fu - he - ho)ま み む め も (ma - mi - mu - me - mo)や ゆ よ (ya - yu - yo)ら り る れ ろ (ra - ri - ru - re - ro)わ を(wa - wo)ん (n)

⇨ Tenten-maru Hiragana:  

が ぎ ぐ げ ご (ga - gi - gu - ge - go)ざ じ ず ぜ ぞ (za - ji - zu - ze - zo)だ ぢ づ で ど (da - ji - dzu - de - do)ば び ぶ べ ぼ (ba - bi - bu - be - bo)ぱ ぴ ぷ ぺ ぽ (pa - pi - pu - pe - po)

⇨ Hiragana campuran:  

きゃ きゅ きょ (kya - kyu - kyo)ぎゃ ぎゅ ぎょ (gya - gyu - gyo)しゃ しゅ しょ (sha - shu - sho)じゃ じゅ じょ (ja - ju - jo)ちゃ ちゅ ちょ (cha - chu - cho)にゃ にゅ にょ (nya - nyu - nyo)ひゃ ひゅ ひょ (hya - hyu - hyo)びゃ びゅ びょ (bya - byu - byo)ぴゃ ぴゅ ぴょ (pya - pyu - pyo)みゃ みゅ みょ (mya - myu - myo)りゃ りゅ りょ (rya - ryu - ryo)

2. Katakana「カタカナ」

Disebut juga huruf Kana. Masing-masing huruf Katakana hanya memiliki satu bunyi saja dan tidak memiliki makna, sama seperti Hiragana. Katakana berawal dari kanji, yang lalu dikembangkan oleh rohaniawan Buddha dengan tujuan untuk melafalkan kitab suci Buddha yang bertuliskan Kanji Tiongkok.

Fungsi ↴

Menulis kata serapan luar JepangMenulis nama luar JepangMenulis nama negara (kecuali Jepang, China, Korea)Menulis onomatopeMenunjukkan penekananMenulis istilah teknis dan ilmiahMenulis nama-nama tumbuhan

Huruf ↴

⇨ Katakana dasar:  

ア イ ウ エ オ (a - i - u - e - o)カ キ ク ケ コ (ka - ki - ku - ke - ko)サ シ ス セ ソ (sa - shi - su - se - so)タ チ ツ テ ト (ta - chi - tsu -te - to)ナ ニ ヌ ネ ノ (na - ni - nu - ne - no)ハ ヒ フ ヘ ホ (ha - hi - fu - he - ho)マ ミ ム メ モ (ma - mi - mu - me - mo)ヤ ユ ヨ (ya - yu - yo)ラ リ ル レ ロ (ra - ri - ru - re - ro)ワ ヲ (wa - wo)ン (n)

⇨ Tenten-maru Katakana:

ガ ギ グ ゲ ゴ (ga - gi - gu - ge - go)ザ ジ ズ ゼ ゾ (za - ji - zu - ze - zo)ダ ヂ ヅ デ ド (da - ji - dzu - de - do)バ ビ ブ ベ ボ (ba - bi - bu - be - bo)パ ピ プ ペ ポ (pa - pi - pu - pe - po)

⇨ Katakana campuran:

キャ キュ キョ (kya - kyu - kyo)  ギャ ギュ ギョ (gya - gyu - gyo)シャ シュ ショ (sha - shu - sho)ジャ ジュ ジョ (ja - ju - jo)チャ チュ チョ (cha - chu - cho)ニャ ニュ ニョ (nya - nyu - nyo)ヒャ ヒュ ヒョ (hya - hyu - hyo)ビャ ビュ ビョ (bya - byu - byo)ピャ ピュ ピョ (pya - pyu - pyo)ミャ ミュ ミョ (mya - myu - myo)リャ リュ リョ (rya - ryu - ryo)

3. Kanji「漢字」

Merupakan karakter pinjaman dari huruf Cina. Berbeda dengan Kana, masing-masing huruf kanji memiliki beragam cara baca dan makna. Cara baca kanji dibagi menjadi Kunyomi (cara baca Jepang) dan Onyomi (cara baca Cina).

Fungsi ↴

Membedakan kata-kata homofon  Menghemat tempatMembedakan intonasi dan jeda dalam kalimatDigunakan pada tempat umum dan dokumen-dokumen sebagai judul atau sebagainyaMembentuk satu kata dari satu rangkaian kalimat dengan makna yang sama

Huruf ↴

Karena jumlah kanji ada puluhan ribu, saya sebutkan sedikit saja. Berikut kanji-kanji Jepang tentang nama hari.

日 (Nichi / Hi) = Minggu, Hari月 (Getsu / Tsuki) = Senin, Bulan火 (Ka / Hi) = Selasa, Api水 (Sui / Mizu) = Rabu, Air木 (Moku / Ki) = Kamis, Pohon金 (Kin / Kane) = Jumat, Uang土 (Do / Tsuchi) = Sabtu, Tanah

                                                         

PELAJARI LEBIH LANJUTHuruf: https://brainly.co.id/tugas/46468612 , https://brainly.co.id/tugas/6501579Partikel: https://brainly.co.id/tugas/46222257 , https://brainly.co.id/tugas/46293284

                                                         

DETAIL JAWABAN

Mapel: Bahasa Jepang

Kelas: 10 SMA

Bab: 2

Sub Bab: Ji / Huruf

Kata Kunci: Hiragana, Katakana, Kanji

Kode Soal: 15

Kode Kategorisasi: 10.15.2


17. Tulislah hiragana dan katakana (lengkap)!​


Lihat di bagian pembahasan.

| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |

Pendahuluan :

Sistem Penulisan Bahasa Jepang

Huruf yang digunakan di Jepang ada 3 jenis yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. Saat menulis kalimat dalam Bahasa Jepang, huruf yang digunakan biasanya campuran dari huruf Kanji dan Hiragana. Bila ada kata-kata serapan, ditulis dalam huruf Katakana. Kalau Romaji itu hanya digunakan orang luar Jepang yang lebih terbiasa membaca huruf abjad (abcd), agar mudah membaca huruf Jepang.

| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |

Pembahasan :

Huruf yang saya bahas kali ini hanya huruf Kana saja, yang meliputi huruf Hiragana dan huruf Katakana.

HIRAGANA「平仮名・ひらがな」

Hiragana merupakan salah satu huruf Jepang yang memiliki beberapa kegunaan antara lain seperti untuk menulis kata-kata asli Jepang yang Kanjinya terlalu sulit atau tidak ada, untuk menulis partikel, untuk menulis Furigana (huruf untuk memudahkan cara baca Kanji), untuk menulis Okurigana (huruf yang mengakari Kanji), dan lain sebagainya. Huruf ini memiliki ciri yaitu garis-garis hurufnya yang kebanyakan melengkung dan lebih elegan.

KATAKANA「片仮名・カタカナ」

Katakana merupakan salah satu huruf Jepang yang memiliki beberapa kegunaan antara lain seperti untuk menulis kata-kata dari luar Jepang, untuk menulis kata-kata ilmiah, untuk memberi penekanan pada kata, untuk menulis onomatope, dan lain sebagainya. Huruf ini memiliki ciri yaitu garis-garis hurufnya yang kebanyakan lurus dan lebih kaku.

- - - - - - - - - - - - - -

Hiragana dan Katakana memiliki banyak kesamaan, contohnya seperti masing-masing huruf nya hanya memiliki satu bunyi saja dan tidak memiliki arti, berbeda dengan Kanji yang berkebalikannya. Lalu jenis hurufnya juga sama-sama dibagi menjadi beberapa jenis yaitu Seion, Dakuon, Handakuon, dan Youon. Daftar hurufnya sebagai berikut.

- - - - - - -

1. SEION「清音・せいおん」

Jenis huruf ini biasa disebut juga sebagai huruf dasar, karena memang merupakan kumpulan huruf-huruf yang menjadi dasarnya. Hurufnya terdiri dari 48 huruf, antara lain sebagai berikut.

Hiragana :

あ い う え お (a - i - u - e - o)か き く け こ (ka - ki - ku - ke - ko)さ し す せ そ (sa - shi - su - se - so)た ち つ て と (ta - chi - tsu -te - to)な に ぬ ね の (na - ni - nu - ne - no)は ひ ふ へ ほ (ha - hi - fu - he - ho)ま み む め も (ma - mi - mu - me - mo)や ゆ よ (ya - yu - yo)ら り る れ ろ (ra - ri - ru - re - ro)わ ゐ ゑ を (wa - wi - we - wo)ん (n)

Katakana :

ア イ ウ エ オ (a - i - u - e - o)カ キ ク ケ コ (ka - ki - ku - ke - ko)サ シ ス セ ソ (sa - shi - su - se - so)タ チ ツ テ ト (ta - chi - tsu -te - to)ナ ニ ヌ ネ ノ (na - ni - nu - ne - no)ハ ヒ フ ヘ ホ (ha - hi - fu - he - ho)マ ミ ム メ モ (ma - mi - mu - me - mo)ヤ ユ ヨ (ya - yu - yo)ラ リ ル レ ロ (ra - ri - ru - re - ro)ワ ヰ ヱ ヲ (wa - wi - we - wo)ン (n)

- - - - - - -

2. DAKUON「濁音・だくおん」

Jenis huruf ini merupakan kumpulan huruf dasar deret [K-S-T-H] yang diberikan tanda Tenten (seperti tanda kutip), agar bunyi konsonannya berubah menjadi [G-Z-D-B]. Hurufnya terdiri dari 20 huruf, antara lain sebagai berikut.

Hiragana :

が ぎ ぐ げ ご (ga - gi - gu - ge - go)ざ じ ず ぜ ぞ (za - ji - zu - ze - zo)だ ぢ づ で ど (da - ji - dzu - de - do)ば び ぶ べ ぼ (ba - bi - bu - be - bo)

Katakana :

ガ ギ グ ゲ ゴ (ga - gi - gu - ge - go)ザ ジ ズ ゼ ゾ (za - ji - zu - ze - zo)ダ ヂ ヅ デ ド (da - ji - dzu - de - do)バ ビ ブ ベ ボ (ba - bi - bu - be - bo)

- - - - - - -

3. HANDAKUON「半濁音・はんだくおん」

Jenis huruf ini merupakan kumpulan huruf dasar deret [H] yang diberikan tanda Maru (lingkaran kecil), agar bunyi konsonannya berubah menjadi [P]. Hurufnya terdiri dari 5 huruf, antara lain sebagai berikut.

Hiragana :

ぱ ぴ ぷ ぺ ぽ (pa - pi - pu - pe - po)

Katakana :

パ ピ プ ペ ポ (pa - pi - pu - pe - po)

- - - - - - -

4. YOUON「拗音・ようおん」

Jenis huruf ini biasa disebut juga sebagai huruf campuran, karena huruf-hurufnya merupakan hasil campuran dari huruf dasar berbunyi i dengan huruf [Ya-Yu-Yo] kecil. Hurufnya terdiri dari 36 huruf, antara lain sebagai berikut.

Hiragana :

きゃ きゅ きょ (kya - kyu - kyo)ぎゃ ぎゅ ぎょ (gya - gyu - gyo)しゃ しゅ しょ (sha - shu - sho)じゃ じゅ じょ (ja - ju - jo)ちゃ ちゅ ちょ (cha - chu - cho)ぢゃ ぢゅ ぢょ (ja - ju - jo)にゃ にゅ にょ (nya - nyu - nyo)ひゃ ひゅ ひょ (hya - hyu - hyo)びゃ びゅ びょ (bya - byu - byo)ぴゃ ぴゅ ぴょ (pya - pyu - pyo)みゃ みゅ みょ (mya - myu - myo)りゃ りゅ りょ (rya - ryu - ryo)

Katakana :

キャ キュ キョ (kya - kyu - kyo)ギャ ギュ ギョ (gya - gyu - gyo)シャ シュ ショ (sha - shu - sho)ジャ ジュ ジョ (ja - ju - jo)チャ チュ チョ (cha - chu - cho)ヂャ ヂュ ヂョ (ja - ju - jo)ニャ ニュ ニョ (nya - nyu - nyo)ヒャ ヒュ ヒョ (hya - hyu - hyo)ビャ ビュ ビョ (bya - byu - byo)ピャ ピュ ピョ (pya - pyu - pyo)ミャ ミュ ミョ (mya - myu - myo)リャ リュ リョ (rya - ryu - ryo)

______________________________

Pelajari Lebih Lanjut :

Soal-soal tentang huruf-huruf Jepang :

brainly.co.id/tugas/5148765brainly.co.id/tugas/48924483brainly.co.id/tugas/48787190brainly.co.id/tugas/45608962

______________________________

Detail Jawaban :

Mapel : Bahasa Jepang

Kelas : 10 SMA

Bab : 2 - Huruf

Kode Soal : 15

Kode Kategorisasi : 10.15.2

Kata Kunci : Hiragana, Katakana

______________________________


18. Qyuisz Jepang -Sebutkan huruf huruf katakana!-Apa itu Katakana?​


Jawaban & Penjelasan

   Katakana merupakan salah satu jenis huruf Jepang untuk kata serapan bahasa asing. Masing-masing huruf Katakana hanya memiliki satu bunyi saja dan tidak memiliki makna, sama seperti Hiragana.

   Katakana berawal dari Kanji, yang lalu dikembangkan oleh rohaniawan Buddha dengan tujuan untuk melafalkan kitab suci Buddha yang bertuliskan Kanji Tiongkok.

----

Fungsi Katakana :

Menulis kata serapan luar JepangMenulis nama luar JepangMenulis nama negara*Menulis onomatopeMenunjukkan penekananMenulis istilah teknis dan ilmiahMenulis nama-nama tumbuhan

*Pengecualian untuk negara Jepang, Cina, dan Korea, ditulis dengan Kanji

----

Huruf-Huruf Katakana :

 ▶ Huruf dasar ↴

ア イ ウ エ オ (a - i - u - e - o)カ キ ク ケ コ (ka - ki - ku - ke - ko)サ シ ス セ ソ (sa - shi - su - se - so)タ チ ツ テ ト (ta - chi - tsu -te - to)ナ ニ ヌ ネ ノ (na - ni - nu - ne - no)ハ ヒ フ ヘ ホ (ha - hi - fu - he - ho)マ ミ ム メ モ (ma - mi - mu - me - mo)ヤ ユ ヨ (ya - yu - yo)ラ リ ル レ ロ (ra - ri - ru - re - ro)ワ ヲ (wa - wo)ン (n)

 ▶ Huruf tenten-maru ↴

ガ ギ グ ゲ ゴ (ga - gi - gu - ge - go)ザ ジ ズ ゼ ゾ (za - ji - zu - ze - zo)ダ ヂ ヅ デ ド (da - ji - dzu - de - do)バ ビ ブ ベ ボ (ba - bi - bu - be - bo)パ ピ プ ペ ポ (pa - pi - pu - pe - po)

 ▶ Huruf campuran ↴

キャ キュ キョ (kya - kyu - kyo)  ギャ ギュ ギョ (gya - gyu - gyo)シャ シュ ショ (sha - shu - sho)ジャ ジュ ジョ (ja - ju - jo)チャ チュ チョ (cha - chu - cho)ニャ ニュ ニョ (nya - nyu - nyo)ヒャ ヒュ ヒョ (hya - hyu - hyo)ビャ ビュ ビョ (bya - byu - byo)ピャ ピュ ピョ (pya - pyu - pyo)ミャ ミュ ミョ (mya - myu - myo)リャ リュ リョ (rya - ryu - ryo)

                                                                   

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang huruf-huruf Jepang: https://brainly.co.id/tugas/45610221 https://brainly.co.id/tugas/6501579Materi tentang partikel bahasa Jepang: https://brainly.co.id/tugas/41036735 https://brainly.co.id/tugas/26192315Detail Jawaban

Mapel: Bahasa Jepang

Kelas: 10 SMA  

Bab: 2

Sub Bab: 字 (ji) / huruf      

Kode kategorisasi: 10.15.2

Kata kunci: Huruf Katakana

Jawaban:

Katakana

Adalah Salah Satu dari Tiga cara penulisan bahasa Jepang Katakana digunakan untuk menulis kata-kata bahasa asing yang diserap ke bahasa jepang.

Biasanya digunakan untuk Nama perusahaan,istilah teknis dan ilmiah, dan nama-nama tumbuhan, hewan, dan mineral.

Contoh Katakana

Alumunium > アルミニウム

Elevator > エレベーター


19. tulislah kata-kata hiragana, katakana dan apa perbedaan hiragana dan katakana ?tolong jawab ya...​


Jawaban:

Dalam bahasa jepang, ada 4 jenis kata. Yaitu hiragana, katakana, kanji, dan romaji.

Hiragana adalah kata asli jepang yang ditulis berdasarkan suku kata. Misalnya a, i, u, e, o, ka, ki, ku , ke, ko, sa, shi, su, se, so, ta, chi, tsu, te, to, dst ada pada tabel.

Contoh hiragana :

こんにちは (konnichiwa = selamat siang /halo).

Katakana adalah kata bukan asli jepang (serapan dari bahasa asing) yang ditulis juga berdasarkan suku kata. Misalnya juga sama dengan hiragana, yang membedakan adalah penggunaannya dan penulisannya.

Contoh katakana :

バイバイ (bai bai =bye bye (serapan dari bahasa inggris)).

TABEL LENGKAP HIRAGANA DAN KATAKANA TERLAMPIR

Untuk hiragana itu yang a,i,u,e,o nya あいうえお

SEBAGAI TAMBAHAN:

Ada 2 lagi jenis kata Bahasa Jepang, yaitu kanji dan romaji.

Kanji merupakan aksara mandarin yang memiliki penulisan dan arti yang sama dengan bahasa mandarin, hanya penyebutannya yang berbeda. Dan satu kata tersebut mewakili sebuah arti penuh.

Contoh kanji:

秒 (byou = detik), dalam bahasa mandarin dibaca miao dengan arti detik juga.

Romaji adalah alfabet latin. Misalnya A, I, U, E, O, K, J, L, S, D, T, dst. Biasanya digunakan dalam singkatan.

Contoh Romaji:

JK = SMA

Semoga membantu :)


20. Garis di katakana sejajar jika memiliki jarak antara garis yang satu dengan yg ke dua di katakana​


Jawaban:

Katakana adalah salah satu daripada tiga cara penulisan bahasa Jepang. Katakana biasanya digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diserap ke dalam bahasa Jepang (外来語/gairaigo) selain itu juga digunakan untuk menuliskan onomatope dan kata-kata asli bahasa Jepang, hal ini hanya bersifat penegasan saja.Berbeda dengan aksara hiragana, yang digunakan untuk kata-kata bahasa Jepang dan tata bahasa yang infleksi kanji tidak meliputi, aksara katakana ini terutama digunakan sebagai transkripsi kata-kata bahasa asing ke dalam bahasa Jepang dan penulisan kata-kata pinjaman (secara kolektif disebut gairaigo). Katakana juga digunakan sebagai penekanan, untuk mewakili onomatopoeia, dan untuk menulis kata-kata bahasa Jepang tertentu, seperti istilah teknis dan ilmiah, dan nama-nama tumbuhan, hewan, dan mineral. Nama perusahaan Jepang juga sering ditulis dalam katakana multiguna daripada sistem lain.

Ciri khas katakana adalah guratannya yang pendek dan lurus serta memiliki sudut yang tajam. ditandai dengan ringkas, guratan lurus dan bersudut. Ada dua sistem utama pengurutan katakana: urutan iroha yang kuno, dan gojūon yang lebih umum digunakan.


Kategori b_jepang